1

Peran Pemuda Ditengah Dinamika Politik dan Sejarah Masa Lalunya.

Jumat, 29 Oktober 2021 11:57:05 | By Update Berita

Penulis Adalah Nasrun Labata, Wakil Ketua III DPD KNPI Merauke Membidangi Politik Hukum dan Ham. Merauke 28 Oktober 2021

UPDATEBERITA.ID. Dalam uraiyan sejarah, pemuda dalam dinamika perpolitik indonesia telah mengalami pergeseran begitu jauh, pergeseran yang dimaksud adalah mulainya para pemuda terjun di dunia perpolitikan. 

Tidak bisa dipungkiri kalau kita menoleh sejara panjang kemerdekan Indonesia, justru kaum mudalah yang juga turut mengambil andil penting dalam merebut kemerdekan dari belengu kolonialisme Belanda.

Kemudian Peran pemuda dalam politik Indonesia abad ke-20 ini merupakan fenomena khusus kaum muda.

Dimana meluasnya kesempatan penduduk untuk memperoleh pendidikan, industrialisasi dalam batas-batas tertentu, urbanisasi, disintegrasi masyarakat primitif, teknologi berkembang dengan cepat telah menunjukkan dengan baik bahwa perubahan-perubahan pada ranah struktur sosio-kultural telah membentuk karakter sosial masyarakat.

Mari kita menoleh Tahun 19081 Berdirinya Budi Utomo, dimana Budi Utomo mengusung isu yang berkaitan dengan persoalan kebangsaan, hal ini merupakan manifestasi dari kesadaran rasionalisasi dari pengamatan fakta kongrit nilai-nilai perjuangan, dari hegemoni nilai-nilai paternalistik.

Tidak berselang kemudian berdirinya Budi Utomo, berdirilah Taman Siswa (Ki Hajar Dewantara atau Suwardi Suryaningrat,
kemudian Ahmad Dahlan dengan Muhammadiyah.

Tahun 1928, para pemuda terus bergerak
untuk membangun Indonesia merdeka dan pada tahun 1930-an, kaum muda semakin aktif dalam pergerakan politik nasional dengan berdirinya berbagai gerakan kebangsaan

Berpijak dari amatan sejarah kaum muda yang gigih dizamanya tersebut, kini peran partisipasi politik kaum muda dalam etalase perpolitikan Indonesia sangat penting sebagai upaya mencari dan memahami eksistensi politik kaum muda.

Pada erah sekarang, animo dan wacana pemimpin muda mencuat dimana-mana diperpolitik Indonesia, meski sebenarnya eksistensi politik kaum muda semakin menunjukkan grafik meningkat seiring dengan iklim politik yang semakin demokratis.

Tapi ada beberapa yang perlu melewati perdebatan panjang dan didiskusikan, tentang bagaimana nilai dan idealisme kaum muda dalam keterlibatan mereka di dunia perpolitikan.

Apakah kipra mereka nanti akan sejalan dengan cita-cita bangsa yang merdeka. Dan membagun nilai-nilai perwujudan keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Hal ini yang perlu kita diskusikan dan perdebatkan demi perbaikan-perbaikan pemuda pada masa yang akan datang.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments