BPS Mappi Gelar Pelatihan Petugas SUSENAS 2023

Jumat, 17 Februari 2023 09:58:44 | By UB- 203

UPDATE BERITA. ID Mappi – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mappi Arther Ludwig Purmiasa menutup secara resmi pelatihan Petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional Dan Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan yang di gelar Gelombang Pertama tanggal 13 – 14 Ferbruari Dan Gelombang kedua tanggal 15 – 17 Februari 2023.

Kegiatan pelatihan tersebut dilatih oleh instruktur nasional yang juga Kasie Statistik Sosial BPS Mappi Osan Jani Ode Tanda, Jumat (17/2/2023).

Kepala BPS Kabupaten Mappi Arther Ludwig Purmiasa menyampaikan SUSENAS merupakan survei yang dirancang untuk mengumpulkan data sosial kependudukan yang relatif sangat luas. Data yang dikumpulkan antara lain menyangkut bidang-bidang pendidikan, kesehatan/gizi, perumahan, sosial ekonomi lainnya, kegiatan sosial budaya, konsumsi/pengeluaran dan pendapatan rumah tangga, perjalanan, dan pendapat masyarakat mengenai kesejahteraan rumah tangganya.

Sistem pengumpulan data SUSENAS terdiri dari, Mengumpulkan data yang bersifat umum dan dilakukan tiap tahun dimana cakupan data meliputi, Keterangan umum anggota rumah tangga (art), Keterangan suku bangsa kepala rumah tangga (krt), Keterangan tentang kematian,
Keterangan tentang kesehatan, Keterangan pendidikan, Keterangan kegiatan ketenagakerjaan, Keterangan fertilitas, Keterangan perumahan, Keterangan teknologi dan informasi, Keterangan tentang rata-rata konsumsi/pengeluaran rumah tangga dan sumber penghasilan utama rumah tangga Keterangan sosial ekonomi lainnya, Keterangan luas lahan pertanian

Mengumpulkan data yang bersifat khusus/rinci dan dilakukan berulang tiap 3 tahun.
Modul Konsumsi/Pengeluaran dan Pendapatan Rumah Tangga, Modul Sosial Budaya dan Pendidikan, Modul Kesehatan dan Perumahan.

Kepala BPS Kabupaten Mappi Arther Ludwig Purmiasa menambahkan Survei sosial ekonomi nasional atau susenas merupakan salah satu survei yang digunakan pemerintah dalam hal penyediaan data dan indikator untuk implementasi pembangunan nasional yang sejalan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional atau RPJMN Tahun 2020-2024 tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals data dan indikator dari susenas telah dipergunakan secara luas dan dipandang sebagai salah satu bukti penting yang dapat berguna untuk perencanaan monitoring dan evaluasi program pembangunan pemerintah informasi dari susenas sangat penting bagi kelangsungan pembangunan dan kesejahteraan bangsa.

Kepala BPS Kabupaten Mappi Arthur Ludwig Purmiasa berharap kepada para peserta pelatihan agar dapat bekerja sesuai dengan SOP atau standar operssional prosedur yang telah diajarkan oleh instruktur nasional atau Inas dari BPS Kabupaten Mappi dan juga para peserta dapat memahami konsep dan definisi survei sosial ekonomi nasional dapat dapat memahami pengisian dokumen VSEN 23.K Keterangan Pokok Anggota rumah tangga susenas tahun 2023 dan peserta juga dapat memahami VSEN 23 KP keterangan konsumsi pengeluaran makanan dan bukan makanan dan pendapatan atau penerimaan rumah tangga. Survei Sosial Ekonomi Nasional SUSENAS 2023 di Kabupaten Mappi dilaksanakan di 15 Distrik yang akan bertugas di Kampung-kampung, melibatkan 48 petugas mitra kerja BPS.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments