Gelar Budaya UMKM Kecamatan Tuntang: Menggali Potensi Lokal

Sabtu, 6 Juli 2024 04:12:43 | By Update Berita
Array

UPDATEBERITA.ID SEMARANG –Pada hari Sabtu, 6 Juli 2024, Kecamatan Tuntang menggelar acara Budaya UMKM yang meriah di Lapangan Delik. Acara ini diikuti oleh 17 desa se-Kecamatan Tuntang yang antusias memamerkan hasil karya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mereka. Gelar Budaya UMKM ini menjadi ajang bagi para pelaku UMKM untuk menunjukkan produk-produk unggulan mereka kepada masyarakat luas.

Menurut Kepala Desa Tlompakan, Sunardi, acara ini sangat bagus karena memberikan kesempatan bagi UMKM dari dusun-dusun di Tlompakan untuk dipamerkan kepada masyarakat umum, khususnya di Kecamatan Tuntang. “Acara Kebudayaan UMKM ini sangat bagus, sebab disini UMKM yang ada di dusun-dusun di Tlompakan semua bisa dipamerkan kepada masyarakat umum khususnya di kecamatan Tuntang,” ungkap Sunardi. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi momen penting bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan apresiasi dan dukungan dari masyarakat serta pemerintah setempat.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari ini dibuka dengan sambutan dari Camat Tuntang, yang mengapresiasi inisiatif para pelaku UMKM dan berharap acara semacam ini dapat menjadi agenda rutin. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda resmi dibukanya pameran.

Meski acara ini hanya berlangsung selama satu hari, antusiasme masyarakat dan para peserta sangat tinggi. Setiap desa memamerkan hasil UMKM mereka yang beragam, mulai dari kerajinan tangan, produk makanan, hingga pakaian dan aksesori. Stan-stan yang ditata rapi di sepanjang lapangan dipenuhi pengunjung yang tertarik melihat dan membeli produk-produk lokal.

Salah satu pengunjung, Ibu Sari, menyatakan kekagumannya terhadap kualitas dan kreativitas produk-produk yang dipamerkan. “Saya sangat terkesan dengan produk-produk yang dipamerkan. Banyak barang-barang yang unik dan berkualitas tinggi. Ini menunjukkan bahwa UMKM kita sebenarnya punya potensi besar,” katanya.

Selain pameran produk UMKM, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang menambah semarak suasana. Pertunjukan tari tradisional, musik lokal, dan lomba-lomba menarik lainnya membuat pengunjung semakin betah.

Bagi anak-anak, panitia menyediakan area permainan dan kegiatan edukatif yang menghibur dan mendidik. Hal ini membuat acara ini menjadi momen yang menyenangkan dan bermanfaat bagi seluruh keluarga.

Gelar Budaya UMKM Kecamatan Tuntang ini tidak hanya menjadi ajang promosi produk lokal, tetapi juga mempererat hubungan antarwarga dan meningkatkan kebanggaan terhadap produk-produk hasil karya masyarakat Tuntang. Keberhasilan acara ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk mereka.

Dengan dukungan yang terus berlanjut dari masyarakat dan pemerintah, acara ini diharapkan dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan UMKM di Kecamatan Tuntang dan sebagai upaya untuk terus mengangkat potensi lokal ke kancah yang lebih luas. Kepala Desa Tlompakan, Sunardi, menutup acara dengan pesan semangat untuk para pelaku UMKM agar terus berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan desa dan kecamatan.

Acara ini juga menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengadakan kegiatan serupa, sehingga semakin banyak UMKM yang dapat berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas.u-UB-202

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments