Rakorda Regsosek 2022 BPS Mappi

Kamis, 29 September 2022 01:48:43 | By UB- 203
Array

UPDATE BERITA. ID – Mappi– Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mappi selenggarakan Rapat Koordinasi Daerah Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek 2022), Selasa (28/9/2022).

Hadir dalam pertemuan tersebut Forkopimda Kabupaten Mappi, para kepala Distrik se-Kabupaten Mappi, Bappeda, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Dinas Kesejahteraan Sosial.

Kepala BPS Kabupaten Mappi, Arther Ludwig Purmiasa saat memberikan sambutan menyampaikan Pendataan Regsosek merupakan pendataan kesejahteraan sosial ekonomi bagi seluruh penduduk Indonesia.

Sebagai salah satu strategi pelaksanaan reformasi sistem perlindungan sosial. Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 kepada Badan Pusat Statistik yaitu Melakukan pendataan penduduk miskin ekstrem dengan menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai data dasar.

Selain itu, menyelenggarakan survei sebagai sarana evaluasi perkembangan penghapusan kemiskinan ekstrem yang merupakan bagian dari Survei Sosial dan Ekonomi Nasional (Susenas).

Reformasi sistem perlundungan sosial BPS ditugaskan untuk Melakukan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) mulai tahun 2022, Menetapkan standardisasi kualitas pemutakhiran berkelanjutan.

Kepala BPS Kabupaten Mappi Arther Ludwig Purmiasa menambahkan Pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah.

Selain itu juga digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Data Regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten.

Tujuan dari Pendataan Awal Regsosek adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Kondisi sosioekonomi demografis, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok pendusuk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan, informasi sosial ekonomi lainnya.

Arther Ludwig Purmiasa mengharapkan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi Dinas terkait demi suksesnya kegiatan nasional Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2022 .

“BPS Kabupaten Mappi telah melakukan Recruitment PPL petugas pendataan lapangan yang mempunyai wilayah tugas di 15 Distrik untuk itu kepada kepala distrik diharapkan juga bantuan dan dukungan agar informasi ini dapat sampai kepada masyarakat di kampung-kampung,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments