Bimbingan Teknis Peningkatan Pengolahan Minyak Kayu putih di Kampung Iwol Okaba oleh Cabang Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup

Sabtu, 30 Oktober 2021 12:18:52 | By Update Berita

UPDATEBERITA.IDMerauke. Potensi Sumber Daya Alam di Provinsi Papua sangat berlimpah dan telah diakui dunia akan hal itu. Khususnya di Kabupaten Merauke masih banyak Sumber Daya Alam yang bisa diolah untuk kemajuan kehidupan masyarakat tanpa menghilangkan nilai-nilai eksistensi adat dan Ulayat.

Kekayaan Hayati berupa pohon Kayu putih di Kabupaten Merauke tepatnya di Kampung Iwol Distrik Okaba, selama ini belum terjamah dan masih tumbuh alami.

Hal ini membuat Cabang Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Pengolahan Minyak Kayu Putih di Kampung Iwol Distrik Okaba Merauke pada hari Kamis, (28/10/2021)

masyarakat Kampung Iwol mengikuti bimbingan Teknis. Foto Khairina Soegono

Dengan mendatangkan narasumber Bapak Aris Toteles Ap, SH,S.Hut,M.Si yang memiliki pabrik budidaya dan pengolahan minyak kayu putih di Kabupaten Biak Numfor.

Aris Toteles mendemonstrasikan cara penyemaian sampai pemanenan daun kayu putih hingga manfaat ekonomis yang bisa didapat oleh masyarakat jika mau menjalankan usaha ini.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Josepha Rumasew, S.Hut dalam sambutannya menyampaikan harapan yang besar kepada masyarakat Kampung Iwol untuk dapat mengolah minyak kayu putih guna meningkatkan ekonomi masyarakat kampung.

“Kami akan terus melakukan pendampingan dalam mengolah hingga memasarkan produk kayu putih dari kampung Iwol ini” ucap Josepha Rumasew kepada Wartwan updateberita.id

Cabang Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke juga mengimbau agar semua elemen masyarakat Kampung Iwol dan aparat Distrik serta dunia pendidikan di Okaba khususnya SMK Negeri 1 Okaba dapat bersinergi
untuk memajukan dan mempromosikan potensi positif yang ada di Distrik Okaba.

(Khairina)

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments