BPS Mappi : Penilaian Mandiri Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

Rabu, 29 Mei 2024 12:26:18 | By UB- 203
Suasana Brifing Penilaian Mandiri/UB
Array

UPDATEBERITA.ID MAPPI –  Badan Pusat Statistik Kabupaten Mappi melaksanakan Penilaian Mandiri Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral adalah suatu proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan Statistik Sektoral, bertempat diruang rapat Kantor BPS Kabupaten Mappi, Rabu (29/5/2024).

BPS telah mengaturkan dalam peraturan badan Pusat Statistik nomor 3 tahun 2022 tentang Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral, dan Permen PANRB No. 3/Tahun 2023 tentang perubahan Road Map Reformasi Birokrasi.

Kepala Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Mappi Jhon Tri Merjaya mengatakan “Tujuan EPSS yaitu mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintah daerah, meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintah daerah, meningkatkan kualitas pelayanan Publik di bidang statistik pada instansi dan pemerintah daerah”. Kepala BPS Kabupaten Mappi Jhon Tri Merjaya menambahkan Outcomes dari kegiatan ini adalah instansi pemerintah dapat menyelenggarakan kegiatan statistik dengan baik sesuai standart internasional.

Adapun Tahapan EPSS terdiri dari Penilaian Mandiri, Penilaian Dokumen, Penilaian Interview, dan Penilaian Visitasi.
Keberhasilan dan lancarnya Uji coba EPSS, membutuhkan dukungan dari berbagai pihak terutama dari pemerintah daerah, oleh karena itu, diminta bantuannya untuk mendukung pelaksanaan EPSS. Ujarnya

Sementara itu Sekertaris Badan Perencanaan Pembangunan Riset Dan Inovasi Daerah Kabupaten Mappi Danang Irjawanto, S.Hut ,menyampaikan Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Penguatan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi-pakaikan antar Instansi Pemerintah, selain itu Penguatan Sistem Statistik Nasional (SSN) melalui penyelenggaraan statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus untuk menghasilkan data statistik berkualitas serta Pencapaian sasaran RB Nasional “Birokrasi yang bersih dan akuntabel” melalui pembangunan data pemerintah untuk digunakan dalam penyusunan kebijakan berbasis data/fakta.

Tujuan dari EPSS ini adalah Mengukur capaian kinerja penyelenggaraan Satu Data Indonesia dan data statistik sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah, mendapatkan satu ukuran terpenuhinya prasyarat penyelenggaraan SDI dan statistik serta digunakan untuk menyusun strategi pembinaan data statistik oleh BPS pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah. Salah satu proses dalam EPSS ini adalah penjaminan kualitas, dimana setelah Tim Penilai Intern melakukan penilaian mandiri, kemudian dilanjutan dengan penilaian oleh Tim penilai Badan, maka hasil dari penilaian badan tersebut akan di periksa silang oleh tim penilai badan dari kabupaten lain sebagai bentuk penjaminan kualitas yang nantinya akan menghasilkan rekomendasi.

Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi mendukung sepenuh nya kegiatan yang di selenggarakan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Mappi diharapkan bahwa program tersebut dapat meningkatkan capaian target IPS indeks pembangunan statistik 2,6 point target secara nasional dan ini juga merupakan bagian dari penilaian capaian kinerja pemerintah daerah ” Ujar Danang Irjawanto.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments