ok

Integritas Khasana Budaya Islam Nusantara, Kajian dan Masukan dalam Muktamar NU 2021

Selasa, 12 Oktober 2021 06:39:43 | By UB- 201

UPDATEBERITA.IDMerauke. Mukhtamar NU tahun 2021 akan segera di laksanakan, tentunya mari kita sukseskan Mukhtamar NU ini,sehingga kepemimpinan NU kedepan lebih baik lagi untuk sebesar besarnya sebagai alat perekat nilai keberagaman bangsa Indonesia.

NU adalah salah satu organisasi Islam yang sangat konsen terhadap menyatukan keberagaman bangsa dalam kerangka nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

NU telah menjawab semua itu dengan barisan badan Otonomnya untuk mendoktrin kader kadernya dari Sabang sampai Merauke agar tetap meyakinkan diri sebagai agen pemersatu bangs.

Karena dalam dokrinan yang diberikan NU yaitu Islam adalah rahmatan lilalamin (Rahmat bagi semua alam) terutama umat manusia yang hidup dan berkembang diatas Indonesia dan bahkan di dunia ini.

Karena dengan masuk menjadi kader di NU melalui badan organisasi Otonomnya NU, sangat memberikan edukasi hidup, sehingga kader NU sangat clier dalam menyikapi persoalan persoalan disintegrasi bangsa.

Karena komitmen kebangsaan yang terbangun adalah “Hablumminannas” bagi setiap warga bangsa Indonesia dan warga dunia yang semuanya bersahabat antar satu dengan yang lainnya

Ada tareqoh NU dalam komitmen kebangsaan yang memang menjadi andalan yaitu ” Hubbul Wathon minal Iman wala Takun minal Hirman
Inhadlu Alal Wathon”, artinya “Pusaka hati wahai tanah airku Cintamu dalam imanku Jangan halangkan nasibmuBangkitlah hai bangsaku.

Dalam Memaknai nilai kebangsaan Kader NU sangat terlihat jelas dalam rangkaian kalimat atau syair tersebut. Bahwa komitmen nasionalisme merupakan bagian dari keimanan kita terhadap Allah SWT.

Hal ini, menyampaikan terkait dengan adanya pembahasan pembahasan yang akan dibahas didalam MUHKTAMAR NU tahun 2021 ini, tentunya ada pembahasan penting juga yang perlu menjadi perhatian dan dibahas yaitu terkait bagaimana kemasan program NU kedepan dalam menyikapi keberagaman Hasanah budaya Islam Nusantara yang ada dan sudah lama ada di Indonesia ini, dari Sabang hingga Merauke.

Dengan mengintegralkan nilai khasanah budaya Islam Nusantara yang ada di Indonesia ini akan memberikan spirit baru bagi kader kader NU seluruh Indonesia, bahwa karakter ke ke-islaman nusantara ini yang terlahir dari masing masing budaya lokal atau daerah masing masing, merupakan aset NU untuk menambahkan rasa psikologis atau emosional kader untuk kafah dalam menjalankan nilai nilai NU itu sendiri.

Karena ada sebuah pepatah Tua yang sering dikatakan, kalau ingin menjadi kafah dalam suatu pergerakan maka nyamankan lah kader kadermu dalam barisanmu, sesuai dengan gaya atau karekter masing masing untuk melangkah bersama dalam memperjuangkan sesuatu hal,karena akan terasa ringan dalam menghadapi masalah yang timbul dalam proses pergerakan menuju suatu tujuan bersama.

Dan rasa memiliki akan organisasi NU ini semakin kuat karna dilandasi atas pengakuan suatu peradaban budaya Islam Nusantara yang berkembang di masing masing daerah di Indonesia ini. Dan semangat rasa memiliki NU ini yang menjadi fokus untuk menancapkan keyakinan bahwa NU sangat menghargai nilai peradaban khususnya budaya Islam yang berkembang di masing masing daerah di Indonesia ini.

Konkritnya perlu ada suatu kebijakan yang dijalankan dalam bentuk program, yaitu ada suatu badan seni budaya Islam Nusantara di dalam tubuh NU untuk mengakomodasikan semua seni budaya yang berkembang di Indonesia di masing masing daerah, yang kemudian di kembangkan menjadi satu nilai,maka dapat di tunjukan di mata dunia bahwa inilah keberagaman Islam Nusantara di Indonesia dan menjadi aset bangsa Indonesia sehingga menjadi kewibawaan bangsa Indonesia.
Semoga hal tersebut menjadi pembahasan dalam salah satu agenda di kanca Mukhtamar NU tahun 2021 ini, yang rencananya akan di Laksanakan di Propinsi Lampung. Semoga Allah Ridhoi pergerakan kita dalam organisasi NU, amin Illahi Rob.

Penulis Adalah: SYAHMUHAR MZ O GEBZE, S.SOS, M. Salasatu TOKOH NU KABUPATEN MERAUKE-PAPUA

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments