Kapolres Mappi : Sagu Harus Dikelola Secara Profesional dan Berkelanjutan

Sabtu, 10 September 2022 04:28:14 | By UB- 203
Kapolres Mappi di Lokasi Tanam Sagu/UB
Array

UPDATE BERITA. ID Merauke – Kapolres Mappi, AKBP Damianus Dedy Susanto., SH., SIK., MH menanam Sagu bekerja sama Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua dan Pemda Kabupaten Mappi, Jumat (09/09/2022).

Penanaman bersama 24.264 anakan pohon sagu seluas 168,5 hektare di 22 kampung Program Revitalisasi Ekonomi Masyarakat oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Tahun 2022 yang dipusatkan di kampung Soba distrik Obaa Kabupaten Mappi.

Kapolres Mappi AKBP Damianus Dedy Susanto., SH., SIK., MH mengatakan Sagu sudah menjadi makanan pokok Masyarakat Papua khususnya kita di Kabupaten Mappi.

“Ini sangat luas hamparan tanaman sagu di atas rawa-rawa, sagu Di Kabupaten Mappi memiliki jenis tersendiri berbeda dengan jenis tanaman sagu pada umumnya di tempat lain disini masyarakat biasa menyebutnya dengan sagu licin. Tanaman sagu dapat berperan sebagai pengaman lingkungan karena dapat mengabsorbsi emisi gas karbondioksida yang berasal dari lahan rawa dan gambut ke udara,” tuturnya.

Tanaman sagu mempunyai banyak manfaat. Tepungnya digunakan untuk bahan makanan pokok di Papua yang disebut papeda, di samping untuk kue dan bahan baku makanan lainnya.

Sagu memiliki nilai gizi yang tinggi dengan mengandung karbohidrat, tapi rendah gula dan lemak. Sagu juga mengandung berbagai macam vitamin dan juga serat. Karena kandungan gula dan lemak yang rendah, sagu bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi pada pasien diabetes.

AKBP Damianus Dedy Susanto., SH., SIK., MH. menambahkan Potensi tanaman sagu sudah sepantasnya dikelola secara profesional dan berkelanjutan agar dapat meningkatkan kesejahtetaan hidup masyarakat di Kabupaten Mappi.

Dikatakannya, Polres Mappi melalui program pembinaan Babimkamtibmas Pola pendampingan sosialisasi kepada masyarakat ini akan mengurangi dampak penyakit sosial di tingkat masyarakat.

“Adanya lapangam pekerjaan sebagai dampak peningkatan ekonomi masyarakat akhirnya situasi keamanan akan semakin kondusif potensi konflik sosial semakin kecil,” tutup Kapolres Mappi.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments