MENINGKATKAN CALON TOUR GUIDE YANG HANDAL SMKN2 GANDENG CHAPUNG ART CENTER DAN PAPEDA Cloth dan Craft.

Sabtu, 9 Juli 2022 04:19:47 | By Update Berita

UPDATEBERITA.IDMerauke, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Merauke, melatih 6 siswanya untuk menjadi pemandu wisata (Tour Guide). Kegiatan yang berlangsung di Monumen Kapsul Waktu baru pertama kalinya dilaksanakan. Sebelumnya kegiatan yang sama digelar melalui perjalanan wisata menggunakan bis wisata. Dimana siswa dilatih untuk memberikan informasi mengenai tempat-tempat wisata yang di kabupaten Meruauke.

Pelatihan ini, menurut kepala sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2, Hopy istiawan, ST, MT, untuk melatih siswa agar bisa terbiasa dengan profesi yang akan mereka jalani kelak ketika menyelesaikan pendidikan di SMKN2. Ada lima Jurusan yang memiliki SMKN 2, diantaranya, Jurusan Akomudasi Perhotelan, Usaha perjalanan Wisata, Tata Boga, dan Tata Busana serta Teknik Informatika.

“Ini salah satu cara kami melatih siswa tentang profesi pemandu wisata. Sehingga kedepan siswa bisa terbiasa dalam dunia kerja nantinya’” Kata Hopy Istiawan, S.T, M.T saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatanya, Sabtu (9/07).

Selanjutnya, Hopy menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus dilaksakan setiap hari sabtu pada kalender Akademik. Dengan begitu kegiatan ini, diharapkan bisa menciptakan pemandu-pemandu wisata yang handal dalam bidangnya. Untuk mencapai semua itu, SMKN2 bekersama dengan Chapung Art Center dan Papeda Cloth dan Craft.

“Saya pribadi mewakili sekolah menyampaikan terimakasih kepada Chapung Art Center dan Papeda Cloth dan Craft yang telah membantuk siswa dalam mengaplikasikan ilmu pemandu wisata selama berada di Monumen Kapsul Waktu.”Jelasnya.

Disaat yang sama salah satu pengunjung dari Jakarta, Dody yang dipadu oleh salah satu siswa SMKN2, mengatakan kepada media bahwa dia merasa senang. Karena secara tidak langsung dia tidak perlu mencari informasi mengenai Monumen Kapsul Waktu di HPnya.

“Saya senang dengan pelayanan ini, karena kami datang dari jauh ingin mengetahui lebih banyak tentang Monumen Kapsul Waktu. Walaupun adik-adik ini masih berada di bangku SMK tapi informasi yang mereka berikan sangat detail,”Ucapnya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (PBS) setiap tahunnya Bidang pariwisata merupakan salah satu bidang dengan peminat yang terbanyak kurang lebih 83.000.  Dengan potensi ini, maka SMKN2  yang berada di kabupaten Merauke kedepan bisa menjadi salah satu Sekolah unggulan di bidang pariwisata khususnya di wilayah Propinsi Papua Selatan. Red.UB-002

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments