Nahkoda KM Nur Amanah Jatuh di Perairan Tim Pencarian dan Pertolongan sedang melakukan pencarian Korban

Rabu, 8 September 2021 10:01:09 | By Update Berita
Array

UPDATEBERITA.IDMerauke– Nahkoda KM Nuramanah terjatuh dari atas kapal dan saat ini tim Pencarian Pencarian dan Pertolongan sedang melakukan pencarian korban yang jatuh.Kejadian tersebut diketahui pada saat pihak Basarnas menerima laporkan dari Andi ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke pukul 09.50 wit pada petugas siaga harian.

Andi adalah tetangga rumah dari salah satu ABK KM. Nur Amanah dimana korban atas nama Nuskin (L/40 thn) bekerja sehari-hari sebagai nahkoda kapal. Menurut penuturan Asrul (ABK KM. Nur Amanah.red) seperti diceritakan kembali oleh Andi, Nuskin malam tadi sekitar pukul 00.00 wit masih terlihat sedang bekerja di palka kapal.

Hingga pagi tadi sekira pukul 08.00 wit rekan-rekannya mulai menyadari ketidakberadaan nahkoda di atas kapal. Pencarian oleh rekan-rekan sesama ABK langsung dilakukan namun Nuskin tidak ditemukan diatas kapal, hanya handphone dan peralatan pribadinya saja yang berhasil ditemukan.

Lokasi kejadian berada pada koordinat 08˚28’20.23″S – 140˚21’07.37″T atau sejarak 8,5 km dari Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke. KM. Nur Amanah bertonase kotor 80 GT

“Sebenarnya kapal mau menuju ke distrik Waan, tapi karna cuaca buruk kapal kembali berlabuh di sekitar Pal Putih sambil tunggu cuaca membaik tadi malam” ujar Andi menjelaskan kembali awal mula kejadian.

Perkiraan sementara Kemungkinan nahkoda jatuh ke sungai dan atas laporan tersebut, sebanyak 6 (enam) orang personil rescuer Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke diberangkatkan menuju ke lokasi kejadian dengan mengunakan Rigid Inflatable Boat 01.

Dan beberapa unsur juga ikut melakukan pencarian korbzn diantaranya dari Salporlair Polres Merauke, Lantamal XI Merauke. Untuk pencarian di hari pertama ini akan difokuskan disekitar lokasi kejadian dengan luas area pencarian sekitar 1,4 km.

Diketahui data cuaca dari BMKG merinci kondisi di lapangan dengan kecepatan angin 15 – 40 km/jam arah timur sampai dengan selatan. Tinggi gelombang 0,5 – 1,5 m dengan kecepatan arus permukaan sungai 5 – 45 cm/detik. Cuaca secara umum adalah berawan.

UB.RED-208

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments