Pelatihan Penulisan Karya Ilmia Remaja (KIR) Sebagai Modal Peningkatan SDM di kabupaten Asmat

Rabu, 23 Maret 2022 10:16:33 | By Update Berita

UPDATEBERITA.ID-ASMAT,Pemerintah Kabupaten Asmat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Pelatihan  Penulisan Karya Ilmiah Remaja (KIR) bagi Siswa tingkat SMP,  resmi di buka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asmat Bartholomeus Bokoropces, yang ditandai dengan pemukulan tifa, bertempat di ruang pertemuan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Asmat, Rabu, (23/03/2022). Hadir dalam pelaksanaan pembukaan pelatihan, Plt Kepala Dinas, Moses Jaraces, S.Pd, Kepala Bidang Pemuda Haji Ernawati, Guru pendamping, dan peserta pelatihan.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah Bartholomeus Bokoropces  menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Asmat memilki komitmen yang pasti untuk memajukan sektor pendidikan. Salah satu proses pendidikan yang sangat mendorong kemajuan adalah adanya penelitian-penelitian dan pelatihan-pelatihan.

“Di Asmat ini pendidikan merupakan sektor penting dalam memajukan Sumber Daya Manusia. Jadi saya meminta kepada seluruh peserta agar dapat mengikutinya dengan baik dan seksama apa yang disampaikan oleh pemateri maupun tentor yang berkopeten” kata Bokoropces dalam sambutanya didepan peseta.

Bokoropces, menambahkan kegiatan Pelatihan KIR ini baru pertama kali dilaksanakan di kabupaten Asmat. Maka untuk itu, para peseta diminta untuk bisa memahami dan mengetahui hal-hal mengenai karya ilmiah.

“saya minta agar kegiatan ini, terus dilakukan sehingga anak-anak bisa menghasilkan para siswa yang berkualitas dalam menyusun karya ilmiah. Karna kita tau bersama bahwa situasi daerah kita yang belum bisa menyediakan fasilitas-fasilitas yang memadai” Ujarnya.

Dengan kegiatan ini bisa menjadikan anak-anak yang jauh dari sumber informasi, bisa bersaing dengan mereka yang tinggal didaerah yang memadai. Sehingga kontribusi ini bisa menghasilakan para siswa yang nantinya ketika melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi, sudah menjadi bekal untuk membuat tugas akhirnya”Jelasnya

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemuda Haji Ernawati mengatakan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmia ini melibatkan Sekolah-Sekolah yang ada di kota Agats,  yaitu SMP Negeri II, SMP Negeri III, SMP Negeri Mbait, SMP Darusalam Yapis, dan SMP YPPGI,  yang tidak mengikuti adalah  SMP YPPK karena ada kegiatan juga di sekolahnya dan untuk kegiatan pelatihan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 23 s/d 25 Maret 2022.

“Dari setiap sekolah yang mengikuti kegiatan pelatihan penulisan karya ilmia ini berjumlah 20 siswa dengan 2  guru pendamping, kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari” Jelasnya.

Untuk itu, haji Ernawati berharap dengan pelatihan ini. para siswa dituntut untuk bisa mengetahui konsep dan sistematika penulisan. Sehingga kelak ketika mereka tamat sudah memperoleh bekal ketika melanjutkanya kejenjang perguruan tinggi maupun kompetisi-kompetisi yang dilakukan didaerah maupun Nasional. UB-207

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments