Tokoh Adat Kimam Berikan Pernyataan Sikap Mendukung Terselenggaranya PON XX 2021 di Kabupaten Merauke

Jumat, 7 Mei 2021 09:32:41 | By Update Berita
Array

UPDATEBERITA.IDMerauke. Tokoh adat Kimam sekaligus sebagai pemerhati pendidikan di kabupaten Merauke, Denalus Pakuru menyatakan sikap untuk mendukung terselenggaranya PON XX 2021 di Kabupaten Merauke.

Hal ini ditegaskannya karena melihat even nasional PON ini sangat penting, dan perlu dukungan dari semua pihak yang ada di kabupaten Merauke.

Dirinya menyatakan belum melihat kesiapan dari pemerintah kabupaten Merauke, belum terlihat gema atau gaung bakal akan ada even nasional di sini. Jumat (7/5/2021)

Sehingga dirinya meminta kepada penyelenggara untuk segera mensosialisasikan sehingga semua masyarakat bisa melakukan persiapan-persiapan.

Tokoh adat Kimam dan Masyarakat Kimam dukung penyelengaraan Pon Papua

“Terkesan pemerintah kurang peduli atau perhatian dengan agenda nasional ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Denalus menyampaikan selaku pemerhati pendidikan di kabupaten Merauke, penyelenggara harus segera melakukan pelatihan-pelatihan atau pembinaan kepada komponen masyarakat yang terlibat, waktu tinggal 4 bulan lagi, namun tidak ada istilah terlambat, yang penting kita serius bekerja menggunakan waktu yang singkat ini.

Pada dasarnya masyarakat sudah siap, tinggal dari penyelenggara saja yang harus pro aktif. Pada agenda PON kali ini, kearifan lokal harus lebih ditonjolkan, dengan melibatkan anak-anak muda asli Papua maka PON ini akan menjadi milik masyarakat Papua.

Denalus juga membacaan pernyataan sikap masyarakat adat Kimam mendukung suksesnya PON XX 2021 di kabupaten Merauke yang tertuang dalam 7 poin atau butir pernyataan diantaranya adalah

1. Masyarakat adat Kimam menyatakan sikap untuk mendukung terselenggaranya PON XX 2021 di Kabupaten Merauke.

2. Harapannya pelaksanaan PON XX 2021 di Kabupaten Merauke dapat berjalan dengan baik. Ini harus didukung dengan wawasan pendidikan baik secara internal maupun eksternal. Dilihat dari kondisi yang ada saat ini tidak ada masalah.

3. Mendukung kepala daerah selaku penanggung jawab terselenggaranya PON XX 2021 ini mampu memberikan dan menampilkan aroma PON yang nantinya menjadi baik.

4. Kabupaten Merauke dulu terkenal dengan istilah Men Sana In For Pore Sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, hal ini perlu digaungkan kembali karena kabupaten Merauke dulunya terkenal dengan sumber-sumber atlit.

5. Dengan adanya PON XX 2021 ini akan terjadi pertukaran budaya dan informasi sehingga komponen yang terlibat perlu meningkatkan wawasan tentang budaya yang ada di kabupaten Merauke, untuk itu perlu dilakukan pelatihan-pelatihan dan pembinaan khusus, terutama yang berkaitan dengan kearifan lokal.

6. Untuk mewujudkan semua ini, perlu adanya kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan yang ada di kabupaten Merauke untuk memberikan pembinaan dan pelatihan yang berkaitan dengan budaya-budaya yang ada di kabupaten Merauke.

7. Mari kita sukseskan event nasional ini dengan suka cita, gotong royong bekerja bersama guna mewujudkan kabupaten Merauke yang siap menerima tamu dengan budaya kearifan lokalnya.

Demikian 7 poin atau butir yang dibacakan oleh Tokoh adat Kimam sekaligus sebagai pemerhati pendidikan di kabupaten Merauke tersebut Bersama Puluhan Masyarakat Kimam.

UB.RED-201

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments