TPQ Assalaam Kepi, Jadikan Isra Miraj Sebagai Inspirasi Generasi yang Unggul Bertaqwa

Senin, 20 Februari 2023 11:52:46 | By UB- 203

UPDATEBERITA.ID Mappi – TPQ Assalaam di Kepi Kabupaten Mappi Papua Selatan memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Sabtu (18/02/2023) bertepatan 29 Rajab 1444 Hijriyah.

Dalam Hikmah Isra Miraj, Ustad Sohibul Anam menyampaikan ada 7 bulan dalam Islam yakni bulan Syaban, Ramadhan, Syawal, Dzulqaidah, Safar, Muharam dan Rajab, 7 bulan yang di hadiahkan oleh umat Nabi Muhammad.

Dalam kaedahnya para ulama menafsirkan bulan Muharram janganlah berbuat maksiat di bulan ini karena akan mendapatkan ganjaran siksa yang berlipat ganda tentu berbuat maksiat dilarang.
Sebaliknya apabila dibulan itu dikerjakan amalan soleh maka Allah SWT melipat gandakan pahalanya juga, Rajab adalah bulan ke -7, dalam kalender Islam Rajab berarti Tarjib atau membesarkan mengagungkan dinamakan demikian karena ketika itu bangsa Arab begitu mengagungkan bulan ini dan melarang peperangan karena terhitung sebagai bulan Haram Al Asyhur Al Haram, peristiwa Nabi Nuh mengarungi bahtera dengan perahunya, terjadinya perang Shifin dan yang paling penting perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW menerima perintah Sholat lima waktu.

Isra berarti perjalanan di malam hari, sedangkan Miraj artinya kenaikan. Dalam perjalanannya Nabi Muhammad SAW mengendarai hewan Buraq yang digambarkan sebagai seekor kuda putih dengan sayap, perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Palestina hingga naik ke langit ke tujuh Sidratul Muntaha.

Ustad Sohibul Anam juga menambahkan agar kita umat muslim di Kepi Kabupaten Mappi harus mensyukuri nikmat Iman dan Islam ini sebagai umat Nabi Muhammad SAW harus senantiasa melaksanakan perintah sholat lima waktu karena ibadah yang paling pokok segala amalannya bermuara kepada sholat pahalanya akan melekat kepada umat itu sendiri yang akan menolong kita bertemu dengan Nabi Muhammad SAW di Yaumil akhir di hari pembalasan.

Untuk itu Ustad Sohubul Anam mengajak agar kita tetap istiqomah di jalan Allah SWT melaksanakan perintahNya dan menjauhi laranganNya.

“Mari kita sama-sama memakmurkan masjid tanda-tanda umat Islam di Kepi ini bertaqwa yaitu dengan menghadiri majelis-majelis ilmu, bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW dan Sholat berjamaah, ” ajak Ustadz.

Peringatan Isra Miraj Di TPA Assalam berlangsung khidmat ibu-ibu, bapak -bapak Majelis Taklim Assalaam mengikuti dengan antusias, hadir para tamu undangan orang tua santri-santriwati, ketua-ketua PKM Mesjid, Ketua TPA , PHBI, Ketua PCNU Mappi, perwakilan Pemerintah Daerah.

Ada yang berbeda saat pelaksanaan semua acara di bawakan oleh para santri TPA Assalaam seperti biasa saat pelaksanaan peringatan Isra mi’raj juga di isi oleh sholawatan yang dibawakan oleh ananda santriwan santriwati TPQ Assalaam, pembacaan kalam ilaihi dan hafidz Juz Amma.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments