Wabup Merauke Berikan Pembekalan Kepada Mahasiswa KKN Universitas Negeri Musamus

Senin, 13 Februari 2023 05:10:48 | By UB- 203
Penyerahan Piagam kepada Wabup/Arief
Array

UPDATE BERITA. ID Merauke – Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan, S. Sos, M. Pd memberikan motivasi dan pembekalan kepada Mahasiswa Universitas Negeri Musamus (Unmus) yang sebentar lagi mengikuti program pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kampung-kampung.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula PKM Unmus Merauke, Papua Selatan yang turut dihadiri pihak Rektorat, KPS LP2M Unmus, BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Merauke dan Panitia serta pendamping lapangan Mahasiswa KKN Unmus, Senin (13/2/2023).

Wabup menyampaikan kepada para Mahasiswa bahwa KKN merupakan salah satu lapangan pengabdian kepada Masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga Mahasiswa diharapkan agar terus berinovasi dalam menciptakan karya yang bermanfaat untuk Masyarakat, Kampus bahkan untuk Pemerintah Daerah.

“Fokus pada program penyiapan pemberdayaan untuk masyarakat. Gali potensi alam dan masyarakatnya dan diolah menjadi sesuatu yang mempunyai nilai lebih,” jelas Wabup.

Selain potensi alam dan masyarakatnya, tentunya kata Wabup perlu juga adanya catatan permasalahan yang terjadi di kampung-kampung baik masalah Pendidikan, Pelayanan Kesehatan, Ekonomi, Pertanian, Peternakan hingga persoalan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Hal ini perlu dilihat oleh Mahasiswa agar kehadirannya ditengah masyarakat benar-benar terasa manfaatnya. Hal-hal yang sekiranya tidak bisa diatasi bisa langsung disampaikan kepada pihak Kampus Unmus untuk dikomunikasikan bersama Pemerintah Daerah sehingga ada solusi yang dihasilkan bersama.

Terutama masalah Pendidikan dengan adanya keluhan masyarakat akan keterbatasan Guru di kampung-kampung menjadi hal yang penting. Masalah Pendidikan menurut Wabup, wajib berlaku untuk semua anak-anak di Kampung. Tidak ada alasan untuk tidak sekolah dan peran Mahasiswa untuk memberikan motivasi dan pemahaman kepada orang tua akan pentingnya Pendidikan bagi anak.

Pada akhir penyampaiannya, Wabup berpesan kepada Mahasiswa KKN Unmus agar tetap menjaga norma dan tata krama ketika berada ditengah Masyarakat. Citra Mahasiswa bukan hanya sebagai kelompok Intelektual namun juga sebagai penjaga moral. Sehingga, nama baik Mahasiswa dan juga Kampus terjaga ditengah masyarakat.

UB-RED 203-HB

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments