Wabup Merauke Hadiri Pertemuan dengan Imigrasi Kelas II, Bahas Masalah Batas Negara RI-PNG

Jumat, 29 Juli 2022 02:34:39 | By UB- 203
Wabup Merauke, H. Riduwan (Foto: Arif. HK)
Array

UPDATEBERITA. ID Merauke – Wakil Bupati Kabupaten Merauke, H. Riduwan, S. Sos, M. Pd menghadiri Rapat Koordinasi dengan tema “Pembahasan dan penyelesaian permasalahan terkait isu-isu aktual di perbatasan negara dan tata cara penerbitan dokumen keimigrasian bagi warga negara indonesia yang berada di wilayah Papua Selatan”, Kamis (28/7/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Merauke berlangsung di Swissbel Hotel Merauke, Papua yang dihadiri tamu undangan dari Forkopimda Kabupaten Merauke dan lembaga terkait.

Wabup dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada pihak Imigrasi dan pihak terkait yang terus menjaga batas wilayah dan berupaya menyelesaikan permasalahan yang terjadi di antara perbatasan RI-PNG.

Menurut Wabup, perlu kerja sama semua pihak dalam rangka menjaga batas wilayah yang terbilang luas dan panjang.

“Perbatasan wilayah yang luas ini tidak mungkin kita harus mengamati terus-menerus. Sehingga perlu kerja sama semua pihak,” kata Wabup.

Alasan warga PNG masuk ke RI karena ada hubungan kekeluargaan dengan warga RI dan juga karena ekonomi. Sehingga banyak pintu masuk dan terdapat banyak jalan-jalan tikus.

“Ini bisa menimbulkan masalah sebab baru-baru ini telah ditemukan kasus penyelundupan Narkoba ke RI,” ungkapnya.

Wabup berharap, melalui pertemuan tersebut petugas-petugas yang bekerja dilapangan sedini mungkin mengidentifikasi berbagai permasalahan yang akan timbul di perbatasan RI-PNG termasuk dokumen keimigrasian bagi warga negara luar masuk ke RI.

“Sebentar lagi diresmikan Provinsi Papua Selatan sehingga batas-batas wilayah kita perlu jadi perhatian bersama agar menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” tutup Wabup.

UB-RED 203

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments