Wabup Riduwan Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Pandu Sedunia di Merauke

Rabu, 22 Februari 2023 10:59:06 | By UB- 203
Wabup Merauke, H. Riduwan/Foto: Arif HK

UPDATE BERITA. ID Merauke – Kwartir Cabang (Kwarcab) 2601 Merauke gelar Apel Besar dalam rangka memperingati Hari Pandu Sedunia yang ke-166 tahun, Rabu (22/03/2023).

Kegiatan apel tersebut berlangsung di Lapangan Kodim 1707 Merauke yang dihadiri tamu undangan dari perwakilan Pj. Gubernur Papua Selatan, Forkopimda Kabupaten Merauke, Basarnas Merauke, Gudep dan Pembina Pramuka, Ketua Kwarcab 2601 Merauke dan seluruh anggota Pramuka Se-Kabupaten Merauke.

Hari Kepanduan atau Baden-Powell diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 22 Februari, tidak terkecuali di negara Indonesia. Jutaan anggota pramuka di seluruh dunia berkumpul untuk memperingati Hari Baden-Powell. Bahkan, kemeriahan peringatan Hari Baden-Powell di Indonesia dirayakan dari ujung Barat sampai ujung Timur Indonesia tak terkecuali Kabupaten Merauke Papua Selatan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan, S. Sos, M. Pd. Dalam sambutannya, Wabup Riduwan menyampaikan apresiasi kepada pengurus Kwarcab Merauke dan jajarannya atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

H.Riduwan juga mengungkapkan, setiap anggota  Pramuka harus menjunjung tinggi nilai-nilai  yang terkandung di dalam Dwi Satya, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Nilai-nilai tersebut merupakan penjabaran dari Pancasila. Sehingga diharapkan dimanapun berada setiap anggota Pramuka terus menjadikan nilai itu sebagai pedoman hidup.

“Seorang Pramuka harus menjauhi tindakan penyalahgunaan narkoba, kriminalitas, pornografi, pergaulan seks bebas, menyebarkan kabar bohong dan ujaran kebencian, bersikap arogan, ingin menang sendiri, dan hal-hal negatif lainnya, ” kata Wabup saat membacakan pesan sambutan Ketua Kwarnas.

Katanya, Dalam Dwi Satya dan Tri Satya juga tercantum semangat bela negara dengan menjalankan kewajiban kita sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.


Sehingga melalui momentum ini, anggota Pramuka diharapkan menjadi garda terdepan dalam menularkan semangat Nasionalisme dan budaya gotong royong kahususnya di Kabupaten Merauke.

“Selamat memperingati Hari Baden-Powell. Satu Pramuka untuk Satu Indonesia, Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia, ” tutup Wabup Riduwan.

Usai upacara, para peserta upacara dari anggota Pramuka menampilkan atraksi untuk memeriahkan hari Pandu Sedunia yang serentak digelar di seluruh Indonesia pada 22 Februari 2023.

UB-RED 203

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments