Wakil Bupati Merauke Buka Kegiatan Pemotongan Hewan Qurban di RPH Mopah Lama

Minggu, 10 Juli 2022 07:22:40 | By UB- 203
Array

UPDATEBERITA.ID Merauke – Usai menunaikan Ibadah Sholat Idul Adha di Masjid Raya, Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan menghadiri pembukaan pemotongan hewan Qurban bertempat di Rumah Potong Hewan (RPH) Mopah Lama Merauke, Papua Selatan, Minggu (10/7/22).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Ketua 1 DPRD Merauke, Ibu Hj. Almar’atus Sholikah, Pimpinan Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Ketua PKM Masjid Raya.

Dalam sambutannya, Wabup Merauke menyampaikan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan yang konsisten menyiapkan semua hal dalam rangka pemotongan hewan qurban.

“Setiap tahun kita melaksanakan pemotongan hewan qurban secara gratis. Kami berharap masyarakat kita yang Muslim dapat memanfatkan dengan baik semua fasilitas yang ada, ” tutur H. Riduwan.

H. Riduwan juga menjelaskan bahwa pemotongan hewan qurban di RPH Mopah Lama sudah sesuai dengan aturan penyembelihan yang baik dan benar. Sehingga, masyarakat tidak perlu ragu dalam mengonsumsi hewan qurban tersebut.

Dari Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan juga menyiapkan juru sembelih hewan halal dan penempatan tim di mesjid-mesjid untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban sebelum dipotong.

“Tenaga penyembelih kita sudah profesional, tingkat higienisnya (kebersihan-red) juga terjaga dan tata caranya juga sesuai dengan aturan agama yang halal,” jelasnya.

H. Riduwan juga berharap, selain pemotongan dan kemasannya, untuk pendistribusian daging qurban harus secara merata dan dinikmati masyarakat sesuai dengan peruntukannya.

“Hindari penumpukan daging qurban, bagi secara merata sebab itu ada yang berhak menerima. Disinilah momen dimana kita diuji sejauh mana kita meneladani Nabi Ibrahim tentang kesalehan pribadi dan kesalehan sosial dalam berbagi,” demikian tuturnya.

Untuk diketahui, rencananya pemotongan akan dilangsungkan selama 3 hari. Sedangkan pada hari ini, ada 15 ekor sapi yang di potong. 14 ekor dilakukan di RPH Mopah Lama dan 1 Ekor dilakukan di Jagebob.

UB-RED 203

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments