Perdana 2021, Kabupaten Boven Digoel Buka Keran Ekspor CPO ke Negara India

Sabtu, 16 Januari 2021 10:52:28 | By Update Berita
Pemuatan dari tangki CPO ke kapal

UPDATEBERITA.ID- Merauke . Awal tahun 2021 merupakan tahun kebangkitan bagi kota Merauke, pasalnya kota paling ujung timur tanah air ini, melalui wilayah kerja di Boven Digoel berhasil membuka keran ekspor baru berupa produk olahan kelapa sawit ke India.

Sebanyak 6,3 ribu ton produk olahan asal sub sektor perkebunan berupa Crude Palm Oil atau CPO ini diberangkatkan dengan menumpang kapal MT Hai Yan V2015 dari Asikie, Boven Digoel, Sabtu (16/1/2021).

“Dengan entitas sinergistas, akhirnya kami dapat mengekspor secara langsung. Hal yang sudah lama yang kami tunggu-tunggu,” kata Kepala Karantina Pertanian Merauke, saat menyerahkan sertifikat fitosanitari kepada pemilik barang PT Bio Inti Agrindo (BIA).

Menurut Sudirman, komoditas dengan nilai ekonomi mencapai Rp. 62,5 milyar ini telah melalui pemeriksaan dan pengawasan pihaknya. Hal ini sejalan dengan persyaratan ekspor negara tujuan.

Hal yang disampaikan oleh Andy Siyar Irawan manajer PT BIO menambahkan, sebelum pihaknya menerima sertifikat Phytosanitary (PC), pejabat Karantina telah memeriksa kelengkapan administrasi, kesesuaian dokumen dan pendukung. 

Pemeriksaan CPO oleh petugas Karantina.

“Dan semuanya dilakukan melalui aplikasi Permohonan Pemeriksaan Karantina (PPK) secara online. Jika sudah dipastikan sesuai, maka pihak karantina akan melanjutkan pemeriksaan fisik. Sangat mudah apalagi sudah menggunakan proses digital jadi dapat dilakukan dari lokasi kebun di Boven Digoel, semua cepat dan transparan jelasnya .

Turut hadir dan melakukan pemeriksaan bersama pada pelepasan ekspor CPO perdana ini adalah pimpinan Bea dan Cukai, Imigrasi, dan petugas KPLP / Kesyahbandaean Merauke.

Disisi lain, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil mengapresiasi capaian kinerja ekspor Merauke diawal tahun 2021. Walaupun kondisi masih terhalang bencana bencana bencana bencana Covid-19, namun tidak menghalangi semangat para pekebun sawit, pelaku usaha dan instansi terkait untuk menunjukkan kinerja terbaiknya .

“Hal ini sejalan dengan pesan Bapak Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red), bahwa tanah kita sangat kaya dan subur. Negara lain sangat butuh hasil pertanian kita, mari kelola dan bantahan pasarnya,” tutur Jamil.

Kata Jamil ditambahkan, pihaknya diberi tugas khusus tugas perkarantinaan oleh Mentan SYL untuk mengawal upaya peningkatan ekspor pertanian. Untuk itu melalui Gerakan Tigakali Lipat Ekspor Pertanian atau Gratieks, ia dan jajarannya mengawal capaian targetnya hingga tahun 2024.

Sebagai informasi, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis (15/1) tercatat kinerja ekspor secara sektoral yang paling menggembirakan adalah ekspor produk pertanian yang mengalami kenaikan tertinggi sebesar 13,98%, yakni dari USD 3,61 miliar di tahun 2019 menjadi USD 4,12 miliar.

Dan melebihi target Gratieks tahap ke-1 yang dipatok hanya 12% saja, tutur Jamil.

“Ekspor bukan hanya soal angka, namun ini soal warisan atau kebanggaan. Saya yakin dengan semangat yang sama, kita mampu mencapai target Gratieks sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi,” tukas Jamil.

UB.RED-201

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments