ok

Selain untuk Bikin Papeda, Ini Manfaat Lain Sagu yang Tidak Banyak Diketahui

Senin, 14 Desember 2020 06:18:19 | By Update Berita

Jakarta – Bukan cuma digunakan sebagai bahan baku papeda, sagu juga banyak ditemui pada jenis kreasi makanan lainnya mulai dari kue, mie, bahkan menggantikan nasi dengan beras sagu. Sebagai bahan makanan pokok fungsional, sagu sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan yang belum dikenal secara masif. Sebagian besar kandungan nutrisi sagu adalah karbohidrat kompleks, di mana pati sagu yang diolah secara modern mengandung sekitar 85 persen karbohidrat.

Head of Commercial PT Austino Nusantara Jaya Tbk (Bueno Nasio) Nelda Hermawan berbagi manfaat baik di balik sagu yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat luas dalam kesempatan webinar Sagu sebagai Solusi Krisis Global.

Selain dapat menjadi pengganti nasi dan tepung gandum, sagu secara alami bebas gluten-alergen bagi penderita penyakit celiac atau intoleransi gluten.

Perubahan gaya hidup di mana masyarakat menjadi semakin teliti dengan kandungan dalam makanan mereka belakangan ini memicu minat terhadap makanan berbakteri baik yang memiliki manfaat untuk kesehatan. “Pati sagu bersifat pre-biotik atau pati tahan cerna, ini adalah pati yang lolos dari penyerapan di usus kecil dan langsung menuju usus besar. Contoh lain seperti yogurt, tempe, miso dan kimchi,” ujar Nelda, Minggu 11 Oktober 2020.

 

sumber: https://gaya.tempo.co/read/1395277/selain-untuk-bikin-papeda-ini-manfaat-lain-sagu-yang-tidak-banyak-diketahui/full&view=ok

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments