ok

Peran Pemuda Milenial Dinilai Penting Ditengah Pandemi Covid-19

Sabtu, 24 Juli 2021 03:20:52 | By UB- 203
Salim Difinubun/UB

UPDATEBERITA.ID Merauke,- Tokoh Pemuda Fatnim Pemuda Kei Merauke (FPKM) Salim Difinubun, S.Sos, M.AP menyatakan, pandemi virus corona atau Covid-19 telah mengajarkan banyak hal. Mulai dari cara cuci tangan yang benar hingga pengaplikasian protokol kesehatan.

Selain itu, Salim yang juga merupakan akademisi kampus STIA Karya Darma tersebut menilai bahwa peran pemuda begitu sangat penting dalam menghadapi pandemi covid-19.

“Saya menilai, peran pemuda dan milenial sangat penting di tengah pandemi Covid-19 terutama dalam memberikan informasi dan edukasi kepada orang-orang sekitarnya,” kata Salim kepada Update Berita, Sabtu (24/7/2021).

Pasalnya, para pemuda zaman sekarang menurutnya sangat memahami teknologi dan juga informasi.

“Kaum milenial itu sangat melek informasi, mereka juga kritis, makanya di masa pandemi ini, milenial harus jadi motor perubahan, dalam arti mereka menginformasikan kembali apa-apa saja yang mereka ketahui, tentu saja informasi yang benar,” jelasnya.

Selain mengedukasi, menurut dia, melinial saat ini juga tengah membawa pergerakan solidaritas antar sesama.

“Saya banyak melihat kaum muda pada membuka donasi, membantu pergerakan ekonomi kreatif di bidang kuliner melalui pemasaran secara digital, hingga menjadi relawan,” katanya.

Data kasus Covid 19 di Kabupaten Merauke akhir-akhir sangat melonjak tinggi menghampiri 400 lebih maka dirinya berharap, masyarakat tetap menjaga kesehatan baik fisik maupun mental.

Selain itu tetap menjaga optimisme di tengah situasi yang tidak menentu agar termotivasi beraktivitas normal di tengah ketidaknormalan keadaan.

“Kesehatan fisik dan mental, mental sangat penting, konsultasi kan banyak, banyak relawan dari psikolog yang mau mendengarkan keluhan. Kalau mental kita sehat, akan mudah kita keluar dari permasalahan ini. Membaca seuatu jangan yang negatif terus. Cari yang positif,” tambahnya.

Keterlibatan pemuda dalam percepatan penanganan Covid-19 bisa membantu pemerintah pada umumnya lebih khusus Kabupaten Merauke untuk menangani pandemi virus Covid-19.

Hal yang dapat dilakukan oleh generasi muda untuk ikut dalam penanganan pandemi Covid-19 kata Salim yaitu :

1. Disiplin dan Lakukan Edukasi Protokol Kesehatan. Melalui semangat para kaum pemuda, kita lawan pandemi Covid-19 dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Bagi para generasi muda, bersama memberi edukasi kepada teman-teman terdekat merupakan hal yang paling efektif. Entah itu satu sepermainan ataupun beda, sampaikan kepadanya secara baik bahwa Covid-19 ini bukan hal yang patut diremehkan.

2. Saling Menguatkan Dengan Menjalin Komumikasi Melalui Digital. Dalam kondisi seperti ini, penting bagi kita untuk saling menguatkan agar pemberitaan Covid-19 tidak membuat masyarakat tertekan. Kita bisa memulai dengan menanyakan kabar keluarga, sahabat, atau orang tua, jika mencari informasi seputar Covid-19, kita dapat memilih beberapa sumber berita yang terpercaya dan konsisten pada sumber tersebut.

3. Menjadi Agent of Change. Harapannya para generasi muda bisa berperan sebagai agent of change. Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang memiliki semangat luar biasa dan dinamis, yang penuh energi, serta optimis diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan aktif dalam membantu pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

UB-RED 203

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments