HUT KE 26, CHAPUNG ART MERAMBAT KEBERBAGAI JENIS SENI

Kamis, 7 Juli 2022 02:50:38 | By Update Berita
  • UPDATEBERITA.ID- Merauke, Tepat 07-07- 1996 lahirlah Republik Chapung Art bersadara. Awal mula berdirinya chapung dipelopori oleh tiga orang seniman asal kabupaten Merauke. Dimana kegiatan mereka saat itu, berfokus pada seni rupa, lukisan, kartu ucapan, dll.
    Seiring dengan perkembangan zaman, Chapung Art mulai merambat keberbagai jenis seni. Menurut salah satu pendiri Chapung Art, Selsius Djunianto Naraha atau biasa dipanggil Djunex Chapung. Bahwa seni merupakan keahlian membuat karya yang bermutu, seperti tari, lukisan, ukiran.
    “Di merauke ini, banyak sekali seniman dari berbagai jenis seni. Tapi ruang dan tempat selalu terbatas karena berbagai aspek, salah satunya pemasaran” katanya, saat diwawancara di Mokawa, Kamis (07/07)
    Untuk itu, Djunex mngajak agar kedepan para pelaku seni bisa bersama-sama bergandeng tangan mencari solusi mengenai persoalan pemasaran. Sehingga para seniman bisa terus berkarya tanpa harus ragu bagaimana cara menjual hasil karyanya.
    “Kita di Chapung Art center selalu membuka ruang kepada rekan-rekan seniman yang mau berkonsultan mengenai hasil karya dan bagaimana cara menjualnya,” Jelasnya.
    Kini Chapung Art Center diberikan kepercayaan oleh pemerintah kabupaten Merauke, untuk mengelolah ruangan-ruangan yang berada di MoKaWa (Monumen Kapsul Waktu). Kegiatan- kegiatan yang sudah dilaksanakan selama berada di MoKaWa, antara lain, Lomba Menggambar, pameran Foto Htam Putih, Bonsai dan Pameran Tunggal Napak Tilas Leluhur Malind serta kelas diskusi.
    “Kami memiliki beberapa ruang yang bisa dipakai untuk melakukan kegiatan seni maupun Pameran-pameran. Untuk itu, saya mengajak semua seniman yang berada di kabupaten merauke mari kita bersama-sama menjadikan MoKaWa sebagai kampong seniman yang bisa dinikmati oleh warga masyarakat merauke,”harapnya.
    Pada kesempatan yang sama juga, budayawan Malind, Isaias Y Ndiken menyampaikan selamat ulang tahun kepada Chapung Art yang ke-26.
    “Saya pribadi mengucapkan selamat HUT Ke-26 kepada para pelaku seni yang tergabung di Chapung Art. Harapan saya di umurnya yang sudah tidak lagi muda, Chapung Art bisa menjadi motor penggerak bagi para seniman yang berada di kabupaten Merauke,”Ucapnya. UB-002

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments